Thursday 4 December 2014

APLIKASI PENGOLAH NILAI RAPORT MI

1 comment:
Posting Kali ini bisa dikatakan saya hanya bermodal nekad, karena hanya atas dasar, keinginan saya untuk meringankan saya sendiri pada saat mengolah data nilai siswa, mulai dari ulangan harian, ulangan blok, UTS dan UAS, untuk dimasak agar menjadi NILAI RAPORT.
Kemudian Aplikasi ini saya kenalkan dengan sesama rekan guru di MI AL FALAHIYAH, ternyata hampir semua rekan senang menggunakan Aplikasi ini, akhirnya saya beranikan diri untuk meng upload untuk dikenalkan kepada rekan rekan onliner, dengan harapan barangkali ada rekan yang butuh dan mau memanfaatkan Aplikasi pengolah nilai raport MI ini. tapi sekali lagi saya ingatkan, dengan basic saya yang bukan ahli IT, maka kemungkinan besar Aplikasi ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu saya sarankan kepada rekan semuanya, jangan berharap terlalu besar dulu, tapi coba dulu, kalau merasa sreg, silakan diteruskan dan kalau merasa tidak nyaman, ya tinggalkan saja



Pada Aplikasi ini, saya masih memasukkan NILAI ULANGAN BLOK (ulangan tiap akhir Kompetensi Dasar), karena saya masih biasa melaksanakan hal itu.

Derajat Kwalitas yang saya rumuskan sbb:

- rata rata NILAI ULANGAN HARIAN dihargai 6%
- rata rata nilai TUGAS/PR/PRAKTEK dihargai 9%
- nilai ULANGAN BLOK dihargai 15%
- nilai UTS  dihargai 30%
- nilai UAS dihargai 40%


Terus terang saya tidak berani target UAS = 60%, karena menyadari kondisi kwalitas saya sendiri sebagai guru,kondisi Sarpras MI, Kondisi Latar belakang siswa, dan Kondisi Lingkungan MI tempat saya mengabdi!, sebab kalau saya paksakan UAS = 60% maka ujung ujungnya pasti masuk wilayah "KATROLISASI". Tapi saya juga malu bila harus menggunakan standar sama rata seperti Daftar Nilai diatas!!!!!


Dulu..... waktu saya masih sangat katro....
kalau sedang sibuk merumuskan nilai raport, pasti selalu bekerjasama dengan "PT.kalkulator

(sekarang juga masih katro, tapi tidak pakai sangat!) heheheh,

mitra kerjasama saya ganti, tidak lagi dengan "PT.kalkulator", melainkan dengan Komputer atau Laptop! dan ......... masih banyak rekan2 saya yang menyebutnya LEKTOP heheheheh.


Aplikasi itu sudah saya buat sedemikian rupa sehingga bila kita isikan nilai pada mata pelajaran, maka akan secara otomatis Format data Nilai yang tata urutannya persis seperti pada Buku Raport akan tercipta!, tinggal print, lalu digunakan untuk menyalin ke Buku Raport, sederhana dalam format work excelbook, tidak usah diinstall, langsung isi langsung print langsung jadi.
Orientasinya hanya pada Nilai Hasil Belajar dan hanya Nilai yang tergolong Kwantitas saja, tidak mencakup Nilai Kwalitas ataupun Absensi, disamping karena keterbatasan kemampuan saya, juga karena sepengalaman yang pernah saya coba, bahwa semakin canggih itu Aplikasi Pengolah Nilai Raport, maka ternyata semakin rumit dan repot mengoperasikannya, walaupun diakui juga bahwa hasilnya juga akan lebih komplex dan lebih sempurna tentunya. Misalnya dulu, pernah saya coba sebuah aplikasi buatan salah satu MI di Jawa Timur, bagus... saya sangat kagum, tapi kenapa harus melalui install terlebih dahulu? lalu sistem pengisian data siswa persis seperti ketika kita mengisi data Biosystem atau data Emis online, cukup ribet kan, makanya saya pilih excel workbook saja lah.... Biarpun Fungsinya minim tapi beban aplikasi maupun proses pengoperasiannya juga jauh lebih ringan dan bikin enjjjooooooy.

Aplikasi ini hanya berukuran 88 KB..... sangat minim bila dibanding fungsinya....

diseting sesuai halaman wide screen 16:9
dengan resolusi 1366x768

bagi anda pengguna Desktop Monitor atau LCD  standard screen 4:3 yang biasa menggunakan resolisi 1024x768 atau atau ukuran lain yang mendekati, silakan ganti pada menu View, lalu pilih Zoom, lalu pilih 75% atau pilih custom dan atur sendiri berapa persen yang sesuai ukuran panjang x lebar layar monitor yang anda gunakan, agar sekali klik maka halaman akan terlihat seluruhnya, dari kolom Nomor sampai kolom nilai UAS!!!!
pengaturannya kira kira seprti ini :








Tampilan Halaman Awal Aplikasi made in cah ndeso seperti ini :




Halaman Pengisian Nilai : Nama dan Nomor sudah terisi secara otomatis







Dan tampilan Data yang akan di print untuk disalin ke Raport seperti ini : terisi secara otomatis








Kapasitas maksimal Jumlah siswa saya buat 50, karena jarang sekali satu kelas MI mencapai 50 siswa, kalau ada MI yang siswa satu kelasnya 50 ke atas, pasti akan dibuat kelas paralel, kalaupun ada satu kelas, satu guru kelas yang mengampu lebih dari 50 siswa, maka tinggal gunakan lagi hasil copy aplikasi ini.


Hasil printout untuk format Raport dibuat 2 halaman, masing masing 25 siswa


Bagi yang tidak sehati dengan komposisi yang saya buat itu, monggo tidak pakai ..... sebab untuk menghindari error aplikasi, maka semua rumus sudah saya kunci dan sembunyikan, jadi tidak bisa di edit tanpa mengetahui password yang saya masukkan.


Atau bila dengan pandangan berbeda tetapi tetap menginginkan aplikasi semacam ini, silakan tulis pada kolom komentar tentang rumus bobot nilai yang di standarkan oleh anda, dan insya Allah akan segera saya buat dan saya upload atau saya kirim via email, atau bila ingin merubah beberapa kriteria sesuai kehendak/aturan setempat, silakan edit sendiri, butuh password untuk unprotect??, silakan klik DISINI

dan bagi yang setuju dengan komposisi Rumus :

- rata rata NILAI ULANGAN HARIAN dihargai 6%
- rata rata nilai TUGAS/PR/PRAKTEK dihargai 9%
- nilai ULANGAN BLOK dihargai 15%
- nilai UTS  dihargai 30%
- nilai UAS dihargai 40%

dipersilakan untuk download    DISINI        atau   DISINI   juga boleh!!!!
barangkali ada rekan yang masih menggunakan office 2003 silakan unduh DISINI atau DISINI

UPDATE !!!!!!!
untuk yang ingin nilai akhir (nilai Raport) lebih tinggi, saya update alternatif dengan presentase sbb :

- rata rata NILAI ULANGAN HARIAN dihargai 10%
- rata rata nilai TUGAS/PR/PRAKTEK dihargai 15%
- nilai ULANGAN BLOK dihargai 20%
- nilai UTS  dihargai 25%
- nilai UAS dihargai 30%

silakan unduh DISINI

1 comment:

Daftar Isi

Waktu Adzan

Email Kemenag

Padamu Negeri

Popular Posts

Kemdiknas

Pendataan Madrasah

Chat With Me

Temukan Kami

MI Cibitung. Powered by Blogger.

Labels

Labels

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Buat Blog Guru

Sahabat Edukasi

RPP & Silabus SD Kelas 1 – 6

Web – NISN

Web CPNS 2013

Web Sepik 2013

Asmaul Husna

Desain Oleh :