Thursday 4 December 2014

APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PER USIA PER KELAS PER JENIS KELAMIN

No comments:
Assalamu 'alaiku Wr. Wb
Bagai mana kabar para sahabat  pengelola Madrasah Ibtidaiyah ??? semoga saja selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiin ya Rabbal 'Aalamiin
Saya punya aplikasi yang lumayan berguna nih! terutama untuk Operator MI


Sebenarnya dari dulu sudah ingin berbagi beberapa Aplikasi dalam format excel workbook,

Ketika setiap Ujian berakhir, kita harus mengisi form  A.1 s.d. A.3 dilanjut B.1 s.d. B.16 untuk segera kita serahkan printout maupun softcopy nya ke atas sana.....

19 sheet data ujian harus kita isi dengan segera! bayangkan bila peserta ujian kita lebih dari 80 siswa, seperti yang sering saya alami... lieurrrrr teuing....., pada akhirnya (zaman dulu) saya mencoba utak atik ... dan lalu dengan bangga saya berucap (dalam hati) "Alhamdulillah" hasil utak atik itu membuat saya mengisi data itu hanya pada format B.5 s.d.B.8 saja, dan B.12 hanya mengisi nilai sikap dan tingkah laku
tentunya setelah saya tambah sheet data siswa lengkap yang isinya hasil copas dari DNT dan 4 sheet untuk urutan peringkat siswa (sejumlah jenis ujian )
sementara format A.1 sd. A.3, begitu juga B.1 s.d. B4, dan B.9 s.d. B16 , kecuali form B.12 kolom nilai sikap, semua akan terisi secara otomatis..... ckckckckckck
tapi akhir akhir ini kebanggaan itu seperti sirna, setelah aplikasi jadi jadian buatan saya itu di operasikan, ternyata yang diatas sana seperti tidak pernah meminta workbook itu lagi .... yang diminta hanya laporan singkat saja????!!!!
Kemudian muncul sejenis semi Aplikasi Excel ( nama ini julukan dari saya) karena mirip aplikasi tapi masih sangat bayi...... yaitu analisis nilai... itu lhooo yang ada entry nilai raport nya.
dengan sisa semangat yang semakin tua, akhirnya saya bisa mengCLONING format itu menjadi lebih mudah dan ringan.... dengan cara saya tambahkan 9 sheet :

1. 1 sheet untuk data lengkap siswa peserta ujian,
2. 1 sheet khusus untuk nilai raport,
3. 4 sheet untuk nilai per jenis ujian,
4. 1 sheet untuk laporan nilai Sekolah dikirim ke UPTD
5. 1 sheet untuk upload nilai raport mapel UN, dan
6. 1 sheet dibuat formatnya sama persis dengan blanko Ijazah.

dengan cara semacam itu saya mengisi point nomor 1 hanya copas dari DNT,
tetap njlimet mengisi point nomor 2 karena nilai raport harus diketik satu persatu dan tidak bisa di copy paste ke komputer (wkwkwkwkwk)
untuk 4 sheet pada point nomor 3 tinggal copas dari form B.5 s.d. B8 diatas itu......

Akhirnya format point nomor 4, 5 dan 6 serta format ANALIS bisa terisi dengan sendirinya
sungguh jadi sangat ringan pekerjaan saya.....
tapi lagi lagi ada aral....

tahun 2013... nilai raport harus sampai semester 12....(asalnya kan hanya sampai semester 11)
waduh!... sebuah Aplikasi Excel, bila ada satu saja form yang berubah, maka akan banyak rumus yang harus ikut di ubah.....

niat saya akan segera menyesuaikan Aplikasi Excel itu... tetapi ada kabar katanya UN akan dihapus pula....
akhirnya saya biarkan saja.... masa odob....
weleehhhhh malah nglantur panjang amattttt.

Mengingat bahwa disetiap awal tahun pelajaran, atau ketika ada monitoring penggunaan dan BOS, atau keperluan lain, Madrasah sering dimintai data siswa, termasuk perkelas per usia per jenis kelamin. Maka dengan sisa semangat saya yang terasa masih cukup membara  tapi dengkul telah moplok, kini saya membuat Aplikasi Excel yang fungsinya untuk membuat APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PER USIA PER KELAS PER JENIS KELAMIN.


Seperti ini tampilan halaman awalnya :








Tampilan halaman pengisian data siswa :







Tampilan Rekap Data Usia







Tampilan Rekap Data Siswa Perkelas :







Bila akan membuat printout hasil Rekap Data Usia maupun Data Kelas, silakan blok semua shell yang akan di print, lalu klik copy, kemudian pilih Paste Values pada Sheet lain atau pada excel baru.

sengaja semua petunjuk saya tulis didalamnya agar disini saya tidak usah menerangkan panjang lebar, Aplikasi Excel itu sudah saya upload ke ziddu, dalam format rar, agar lebih mudah di download.
sangat ringan, ukurannya hanya 109 kB, bisa di download dalam sekejap mata.
bagi yang ingin mencoba silakan klik DISINI
setelah download silakan ekstrak dan gunakan hasil ekstraknya, serta simpan file rar nya.

lagi lagi saya ingatkan bila muncul Adf.ly tunggu 5 detik lalu klik LEWATI atau SKIP AD, dan bila akan klik DOWNLOAD pada ziddu, dan pada kotak kecil didepan tulisan : Download with ziddu accelerator and get recommended offers.  ada cheklist, buang dulu checklist , kosongkan / buang tanda cheklist tersebut agar proses download lebih mudah

atau download lewat SINI ,
kalau download lewat 4shared barangkali diminta register
silakan daftarkan email dan password anda disana....

eh saya sudah ikut indowebster DISINI lebih mudah dan lebih cepat
bagaimana cara download di indowebster ? silakan pelajari DISINI
dan bila ada yang membutuhkan untuk kelas paralel silakan tinggalkan pesan di kolom komentar

Terimakasih telah membaca posting APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PER USIA PER KELAS PER JENIS KELAMIN, semoga bermanfaat
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi

Waktu Adzan

Email Kemenag

Padamu Negeri

Popular Posts

Kemdiknas

Pendataan Madrasah

Chat With Me

Temukan Kami

MI Cibitung. Powered by Blogger.

Labels

Labels

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Buat Blog Guru

Sahabat Edukasi

RPP & Silabus SD Kelas 1 – 6

Web – NISN

Web CPNS 2013

Web Sepik 2013

Asmaul Husna

Desain Oleh :